RAKERNIS Pengawas Pemungutan & Perhitungan Suara Se-Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

- 11 Februari 2024, 21:29 WIB
Rapat Kerja Teknis
Rapat Kerja Teknis /Jamaludin Syakir/

GALAMEDIANEWS – Pemilu semakin hari semakin mendekati tanggalnya. Bawaslu adakan bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Penyelenggaraan bimbingan teknis ini diselenggarakan di masing-masing daerah kecamatan, termasuk kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Di kecamatan Cipongkor sendiri digelar selama dua hari. Berikut ulasannya.

RAKERNIS KPPS Kecamatan Cipongkor

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, bimbingan teknis atau yang disebut Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) Pengawas Pemungutan dan Perhitungan Suara se-Kecamatan Cipongkor ini dilakukan empat hari sebelum Pemilu berlangsung, Jumat-Sabtu, 9-10 Februari 2024.

Rapat Kerja Teknis tersebut dilaksanakan di Jajaway Waterpark, Jl. Cidemang No. 1, RT. 01/RW. 05, Kp. Jajaway, Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca Juga: Saksi TPS Pemilu Mempunyai Peranan Vital Mengawal Demokrasi

 Berdasarkan pada undangan yang diterima oleh para peserta KPPS, bahwa Rapat Kerja Teknis dilakukan jam 13.00 WIB pada setiap harinya. Namun, pelaksanaannya tetap mengalami keterlambatan atau tidak sesuai dengan jadwal, “di undangan jam 13.00 dan ini sudah jam 14.33, tapi masih belum pembukaan,” ujar Jamal, salah satu peserta Rapat Kerja Teknis KPPS, pada hari kedua.

Ada pun yang dibahas dalam Rapat Kerja Teknis pada hari pertama yaitu mengenai pengisian laporan dan penjelasan aplikasi. Isi laporan tersebut di antaranya “Nama petugas, laporan masa tenang, dan pengisian laporan bila ada pelanggaran,” ungkap Jamal menjelaskan.

Baca Juga: Direspon Cepat Pj Bupati, Bawaslu KBB Pastikan APK di Bandung Barat Ditertibkan Tak Tersisa

Kemudian untuk Rapat Kerja Teknis di hari kedua diisi dengan pemaparan teknis kerja ketika di lapangan. Pengawas dihimbau agar tidak hanya diam saja atau memainkan gawai, tetapi harus memeriksa keseluruhan persiapan Tempat Pemilihan Suara (TPS) dan mampu berkomunikasi dan saling mengingatkan dengan KPPS.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x