Inflasi Kota Bandung Jadi yang Terendah di Jawa Barat

- 4 Maret 2024, 10:30 WIB
ILUSTRASI INFLASI./pikiran-rakyat.com
ILUSTRASI INFLASI./pikiran-rakyat.com /

GALAMEDIANEWS - Pengendalian inflasi Kota Bandung year on year (YoY) terhadap Februari 2023 sebesar 1,95 persen. Hasil ini menjadikan Kota Bandung sebagai kota dengan inflasi tahunan terendah di Jawa Barat.

Angka ini berada di bawah inflasi YoY Jawa Barat sebesar 3,09 persen dan nasional sebesar 2,75 persen. Hal itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Bandung per 1 Maret 2024.

Baca Juga: Kapan Bansos PKH dan BNPT Maret 2024 Cair? Segera Cair Bulan Ini, Cek Nama di Sini

Baca Juga: Teduh Market Ajak Warga Dukung Produk Lokal yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Komoditas yang ikut andil dalam inflasi YoY antara lain beras, rokok kretek filter, cabai merah, nasi dengan lauk, dan emas perhiasan.

Sedangkan komoditas yang menjadi penahan inflasi antara lain tarif air minum PDAM, bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, bawang merah dan cabe rawit.

Baca Juga: Tertibkan PKL Pasar Cikutra, Ema Sumarna: Kita Tidak Boleh Kalah Oleh Preman

Sedangkan, inflasi month to month (MtM) Kota Bandung terhadap Januari 2024 sebesar 0,38 persen. Angka ini lebih kecil jika dibandingkan dengan inflasi Jawa Barat sebesar 0,45 persen dan diatas nasional sebesar 0,37 persen.

Pada inflasi MtM, penyumbang utama inflasi bulan Februari 2024 adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,33 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x