Generasi Muda Kota Bandung Harus Jadi Aktor Transformasi Sistem Ketahanan Pangan

- 6 Maret 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi ketahanan pangan.
Ilustrasi ketahanan pangan. /Pexels/Sergei A/

GALAMEDIANEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar Kick Off Urban Features di Pendopo Kota Bandung, Selasa 5 Maret 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya melibatkan peran generasi muda untuk meningkatkan ketahanan pangan berkelanjutan.

Sebagai informasi, Urban Futures (UF) adalah program global berdurasi 5 (lima) tahun (2023-2027) yang memadukan sistem pangan perkotaan, partisipasi orang muda yang bermakna, dan aksi iklim. Kegiatan ini diselenggarakan di 5 negara: Indonesia, Kolombia, Ekuador, Zambia, dan Zimbabwe.

Baca Juga: LINK DOWNLOAD Lagu Islami Ramadhan 2024, Temani Hari Penuh Makna di Bulan Suci

Baca Juga: Prabowo Hadiri Acara Mandiri Investment Forum 2024

Di Indonesia, program Urban Futures diimplementasikan di Kota Bandung Jawa Barat dan Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Masing-masing kota dipilih karena kontribusinya yang unik terhadap gerakan orang muda Indonesia dan sistem pangan yang lebih luas di Indonesia.

Adapun kick-off di Kota Bandung ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung, serta pelaksana RISE Foundation sebagai lead konsorsium KOPAJA (Koalisi Pangan dan Jaringan Anak Muda).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric M. Attauriq menyambut positif kegiatan ini. Menurutnya, Pemkot Bandung berkaca dari kenyataan bahwa lebih dari 90 persen pasokan pangan dihadirkan dari daerah luar Kota Bandung.

Baca Juga: Korlantas Polri Gelar Rakor Pengamanan Lebaran 2024

"Semoga kegiatan ini menjadi ikhtiar kami mewujudkan kemandirian pangan agar tidak bergantung pada wilayah lain," ujar Eric.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x