Nadiem Makarim Dukung Literasi Gizi Sejak Dini, Upaya Maksimal di Tengah Krisis Kesehatan

- 28 September 2020, 18:19 WIB
Literasi gizi sejak dini kepada anak. Foto Ilustrasi
Literasi gizi sejak dini kepada anak. Foto Ilustrasi /ist

 

GALAMEDIA - Orang tua memiliki peran sangat penting dalam proses pendidikan anak termasuk dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat. Hikmah di masa pandemi kita diajarkan mengenalkan paradigma baru pendidikan yang lebih kolaboratif , kreatif dan inovatif.

Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim usai membuka webinar Gerakan Nusantara (Gernus) "Menjadi Orang Tua Tangguh di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” yang digelar PT Frisian Flag Indonesia (FFI), Sabtu 26 September 2020.

"Orang tua adalah sentral di dalam pendidikan anak. Inilah saatnya semua komponen pendidikan, orang tua, guru dan siswa berkolaborasi mencoba hal baru, banyak tanya, banyak coba dan banyak karya,” ungkap Nadiem dalam siaran persnya yang diterima Galamedia, Senin 28 September 2020.

Baca Juga: Mau Panjang Umur Meski Punya Penyakit kronis? Ini yang Harus Dilakukan

Nadiem menyambut baik dan mengapresiasi acara FFI yang telah menginisiasi Gerakan Nusantara Program Edukasi Gizi. Sebab program tersebut mendukung Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) yang digagas Kemendikbud RI.

Sejak diluncurkan tahun 2013, Gernus terus memaksimalkan kontribusinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam hal literasi gizi kepada siswa-siswa sekolah dasar.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, hingga saat ini Gernus telah menjangkau 2.520.774 siswa dan 4.886 guru di 4.806 sekolah dasar (SD) di Indonesia, dan mengedukasi tentang pola konsumsi pangan sehat dan gaya hidup aktif di lingkungan sekolah dasar serta membiasakan minum susu setiap hari.

Baca Juga: Nagih Enaknya, Tapi Tetep Makan Jeroan Harus Dikurangi Demi Kesehatan di Masa Depan

Pakar Gizi Kesehatan Masyarakat dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH menekankan pentingnya sikap dan semangat untuk meningkatkan dan mempraktikkan pengetahuan dalam hal literasi gizi kepada anak sejak dini.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x