Manfaat Minyak Makan Merah dari Pabrik Percontohan yang Baru Diresmikan, Jokowi: Gizinya Lebih Tinggi  

- 16 Maret 2024, 17:15 WIB
Manfaat minyak makan merah.
Manfaat minyak makan merah. /Instagram @jokowi/

GALAMEDIANEWS – Pabrik percontohan minyak makan merah telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Kamis, 14 Maret 2024.

Pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau ini berlokasikan di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera.

Pabrik percontohan minyak makan merah memiliki kapasitas produksi 10 ton CPO (crude palm oil) per hari ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 7 ton minyak makan merah setiap harinya.

Pembukaan pabrik percontohan minyak makan merah Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera ini merupakan salah satu bagian dari upaya hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas melalui pengolahan menjadi produk jadi.

Minyak makan merah menjadi yang pertama di produksi di Indonesia dan diharapkan bisa memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, terutama bagi yang telah dalam bentuk koperasi.

Mengenal Minyak Makan Merah

Minyak makan merah atau refined palm oil merupakan produk olahan minyak sawit mentah (crude palm oil) yang tidak mengalami proses pemucatan atau bleaching seperti yang dilakukan dalam pembuatan minyak goreng sawit pada umumnya.

Minyak ini memiliki aroma kuat dengan warna terang mencolok yang berasal dari kelapa sawit yang memang berwarna merah tua lantaran tidak mengalami proses lanjutan setelah dilakukan penyulingan.

Baca Juga: Apa itu Minyak Makan Merah? Begini Penjelasan dan Asal Usulnya

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Setneg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x