La Nina Mengintai dan Bisa Tingkatkan Angka Bencana Alam, Kota Bandung Siapkan Kelurahan Siaga

- 16 Oktober 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi La Nina.
Ilustrasi La Nina. /pixabay/ dexmac

GALAMEDIA - Meningkatnya intensitas curah hujan di penghujung tahun 2020 sebagai dampak iklim La Nina disebut akan mempengaruhi tingginya tingkat kebencanaan.

Pemkot Bandung melalui Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) mengklaim telah melakukah sejumlah persiapan. Salah satunya yakni membentuk kelurahan siaga bencana.

"Dalam mengantisipasi hal tersebut, maka kami membentuk satuan relawan melalui kelurahan siaga bencana. Rata-rata ada lima orang di setiap kelurahan," kata Kabid Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Dian Rudianto di kantornya, Jumat 16 Oktober 2020.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Sebut Vaksin Covid-19 yang Tak Berlabel Halal Bisa Digunakan, Asalkan...

Walau demikian, dari 151 kelurahan di Kota Bandung, belum semua wilayah sudah membentuk kelurahan siaga bencana dan memiliki relawannya masing-masing.

Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan tambahan tenaga rescue dilapangan, selain melibatkan para relawan kelurahan siaga bencana.

Namun jika diperlukan, pihaknya juga menerjunkan tim personel fire fighter di mako pusat dan UPT, bila terjadi suatu bencana.

Menurutnya Diskar PB Kota Bandung memiliki beberapa tim rescue atau penyelamatan dengan kemampuan personel yang mumpuni untuk melakukan proses evakuasi korban, baik di ketinggian bangunan maupun kedalaman air.

Baca Juga: Soal Nama Provinsi Jawa Barat Diganti Jadi Provinsi Sunda, Ini Penilaian Legislator

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x