PM Israel Gagal Yakinkan Pangeran Mahkota Saudi, Trump Utus Jared Kushner demi Catatan Historis

- 30 November 2020, 14:48 WIB
/Tim Galamedia/

GALAMEDIA - Kurang dari delapan pekan sebelum menyerahkan kekuasaan pada presiden terpilih Joe Biden, Presiden AS Donald Trump mengutus sang menantu, Jared Kushner untuk bertemu Pangeran Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS).

Kushner terbang menuju Arab Saudi dan Qatar minggu ini dengan misi  mendorong lebih banyak negara untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Sebelumnya PM Israel Benjamin Netanyahu diklaim media Israel untuk pertama kali melakukan pembicaraan dengan MBS di Neon. Normalisasi raksasa minyak Arab "sekelas" Saudi bakal menjadi catatan historis bagi Trump.

Baca Juga: Hama Ulat Grayak Mulai Serang Tanaman Jagung di Kecamatan Cileunyi

Selain berada di balik normalisasi Israel dengan sejumlah negara Arab, Kushner juga menjadi salah satu penggagas pindahnya kedubes AS ke Yerusalem.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Senin (30 November 2020) perjalanan  dilakukan beberapa hari setelah  ilmuwan nuklir Iran tewas di dekat Teheran dalam eksekusi  yang dilakukan pasukan intelijen Israel, Mossad.

Baca Juga: Bima Arya Cabut Laporan Terhadap RS Ummi, Kapolda Malah Bilang Begini

Upaya diplomatik Kushner yang juga penasihat Trump dipandang sebagai upaya terbaru untuk menarik negara-negara Timur Tengah agar lebih dekat dengan Israel di tengah pengaruh Iran yang kian meningkat.

Kushner dan MBS dianggap memiliki kedekatan khusus. Saking dekat keduanya dikabarkan  biasa berkomunikasi lewat jalur personal lewat WhatsApp.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X