Komnas HAM Tunggu Hasil Uji Balistik Peluru yang Digunakan pada Penembakan 6 Laskar FPI

- 28 Desember 2020, 14:16 WIB
Ketua Tim Penyidikan/Komisioner Choirul Anam saat menunjukkan sejumlah barang bukti yang ditemukan di lapangan dalam gelar perkara meninggalnya enam anggota Laskar FPI dalam bentrokan bersama polisi di Tol Jakarta-Cikampek.*
Ketua Tim Penyidikan/Komisioner Choirul Anam saat menunjukkan sejumlah barang bukti yang ditemukan di lapangan dalam gelar perkara meninggalnya enam anggota Laskar FPI dalam bentrokan bersama polisi di Tol Jakarta-Cikampek.* /Pikiran Rakyat/Amir Faisol

GALAMEDIA - Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) masih menunggu hasil uji balistik menentukan jenis peluru yang ditemukan pada tempat kejadian perkara penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek kilometer 50.

"Soal proyektil itu terkait pistol atau laras panjang, pabrikan atau tidak, itu harus uji balistik. Jadi belum kami simpulkan, kami hanya menyampaikan di sini bahwa kami menemukan tujuh proyektil dan empat selongsong peluru (dari TKP). Nantinya masih ada proses berikutnya untuk menguji itu," kata Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam pada wartawan di Jakarta, Senin 28 Desember 2020.

Baca Juga: Waspadai Kemungkinan Virus Corona Jenis Baru Singgah di Kota Bandung

Anam menyampaikan hal itu menjawab pertanyaan wartawan apakah benar jenis peluru yang ditemukan tim Komnas HAM dari TKP penembakan laskar FPI diduga berasal dari senjata rakitan kaliber 9mm.

Dikatakan Anam, nantinya pengujian balistik akan mampu menjawab semua pertanyaan itu secara terang dan jelas.

Untuk itu, agar objektif, Anam berharap uji balistik nanti dapat dilakukan secara terbuka, akuntabel, dan transparan.

Baca Juga: Hati-hati, Ruang Publik jadi Area Potensial Penyebaran Covid-19 Tanpa Diketahui

"Semoga uji balistik itu nanti transparan, akuntabel, dan bisa kita akses secara bersama-sama. Karena itu penting, ditunggu oleh semua orang," kata Anam.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x