Bupati :  Anugerah Kinerja Sumedang Simpati 2020 Dorong Percepatan Pencapaian Target Pembangunan Tahun 2021

- 5 Februari 2021, 16:42 WIB
Sejumlah pejabat menerima Anugerah Kinerja Sumedang Simpati 2020, yang diserahkan oleh Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, bertempat di Gedung Negara Kab.Sumedang, Jumat 5 Pebruari 2021
Sejumlah pejabat menerima Anugerah Kinerja Sumedang Simpati 2020, yang diserahkan oleh Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, bertempat di Gedung Negara Kab.Sumedang, Jumat 5 Pebruari 2021 /. ADE HADELI/GM.



GALAMEDIA - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang memberikan "Anugerah Kinerja Award Sumedang Simpati Tahun 2020" kepada para pejabat/SKPD (satuan kerja perangkat daerah) berprestasi, bertempat di Gedung Negara, Jumat 5 Pebruari 2021.

Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir mengatakan, pemberian anugerah atau award dilaksanakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan pembangunan Tahun 2020 serta mendorong percepatan pencapaian target pembangunan Tahun 2021. Kegiatan tersebut merupakan penerapan birokratik sistem, dimana yang berprestasi dan berkinerja baik akan diberikan pengharagaan.
 
"Penghargaan ini diharapkan bisa jadi memotivasi untuk semua. Yang sudah baik bisa mempertahankan dan meningkatkannya. Sedangkan yang belum mencapai prestasi bisa terus terpacu dan termotivasi untuk terus meningkatkan kinerjanya," kata Dony.
 
Cara seperti itu diharapkan akan memberikan jaminan kepastian kepada ASN (aparatur sipil negara) yang berprestasi, dalam penentuan jabatan ke depannya.
 
"Lebih dari itu,  hal ini akan berdampak pada meningkatnya kinerja ASN. Jika kinerja ASN meningkat maka yang akan mendapat manfaat adalah masyarakat," ujarnya.
 
 
Terdapat tiga kategori dalam penganugerahan tersebut. Yakni Kategori Capaian Kinerja Tahun 2020. Kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama dan Camat Juara Tahun 2020,  serta Dialog Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021.
 
Sedangkan penilaian masing-masing kategori dilaksanakan berdasarkan atas kriteria tertentu.
 
Misalnya untuk evaluasi capaian kinerja perangkat daerah yang dinilai adalah SAKIP (sisten akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, indeks pembangunan zona integritas, tingkat penyerapan anggaran, nilai inovasi, dan capaian indikator program.
 
Sedangkan untuk kecamatan, selain lima kriteria tadi, ditambah empat kriteria penilaian lainnya. Meliputi capaian target PBB P2, IKM, cakupan desa yang melaksanakan Sistem Keuangan Desa. "Serta cakupan desa yang mendapatkan informasi peringatan dini bencana, dan capaian indikator program," terangnya.
 
Sementara itu, Anugerah PPT Pratama Juara dan Camat Juara ditujukan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk selalu memberikan hal terbaik bagi organisasi dan Pemda Kabupaten Sumedang. 
 
 
Penilaiannya berdasarkan lima kriteria yakni nilain kompetensi kultural, nilai peran kandidat dalam mengupayakan perangkat daerah atau kecamatan menjadi terbaik, dan nilai inovasi dalm mewujudkan Sumedang Simpati.
 
Untuk Kategori Dialog Kinerja Perangkat Daerah 2021, memberikan apresiasi dan mendorong perangkat daerah dan kecamatan memiliki perencanaan pembangunan terbaik, dengan target progresif.
 
"ASN yang berkinerja tinggi tentunya akan berdampak pada kualitas pembangunan yang akhirnya kualitas pembangunan lebih baik lagi, bisa tahan lama, berkualitas karena kinerja yang bagus. Bukan hanya kinerja, namun integritas juga sangat menentukan," ungkapnya.
 
Bupati menambahkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap akhir tahun.
 
"Dengan kegiatan seperti saat ini maka akan terlihat mana yang berprestasi dan mana yang belum. Tahun depan kami akan terus kreasikan dengan inovasi lainnya. Akan ada Employee of The Month, Triwulan, Semester, dan akhir tahun. Kami juga telah membangun sistem untuk meritokrasi hal seperti ini," tukasnya.
 
 
Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula simbolis penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2021 oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Keplaa DPPKB, dan Kepala Dishub. Sedangkan untuk Kecamatan oleh Camat Wado, Camat Tanjungsari, dan Camat Paseh.
 
Terdapat tiga kategori dalam penganugerahan tersebut, yakni Kategori Capaian Kinerja Tahun 2020,  Kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama dan Camat Juara Tahun 2020,  dan Kategori Dialog Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021.
 
Dari ketiga kategori tersebut dipilih tiga terbaik (Top 3). Kategori Capaian Kinerja Tahun 2020 terbaik perangkat daerah diraih oleh diraih oleh RSUD, Inspektorat, dan Bappppeda.
Sedangkan utuk kecamatan diraih oleh Kecamatan Cimalaka, Cisarua, dan Sumedang Selatan. Masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan 1 unit printer.
 
Sedangkan untuk PPT Pratama Juara diraih oleh H. Nasam, SE.AK (Asisten Administrasi Umum Setda), Drs. H. Subagio, M.Si (Inspektur), dan Hj. Tuti Ruswati, S.Sos. M.Si (Kepala Bappppeda). Camat Juara diraih oleh Asep Aan Dahlan (Camat Cimalaka), Dra. Marlina, M.Si (Camat Cisarua), dan Syarif Effendi Badar (Camat Sumedang Selatan). Selain mendapat piagam penghargaan dan plakat, masing-masing mendapat uang pembinaan Rp. 5 juta.
 
 
Sementara Dialog Kinerja Perangkat Daerah Terbaik diraih oleh Disdukcapil, Bappenda, dan BKPSDM. Untuk kecamatan diraih oleh Kecamatan Jatinunggal, Sumedang Selatan, dan Ujungjaya. Masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan 1 unit sepeda.
 
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan kegiatan tersebut merupakan penerapan birokratik sistem, dimana yang berprestasi dan berkinerja baik akan diberikan pengharagaan.
 
"Dengan penghargaan ini saya harap bisa memotivasi semuanya. Yang sudah baik bisa mempertahankan dan meningkatkannya. Sedangkan yang belum mencapai prestasi bisa terus terpacu dan termotivasi untuk terus meningkatkan kinerjanya," harapnya.
 
Menurut Bupati, cara seperti ini akan memberikan jaminan kepastian kepada ASN yang berprestasi dengan penghargaan dan penentuan jabatan ke depannya.
 
 
"Tentunya hal ini akan berdampak pada meningkatnya kinerja ASN, jika kinerja ASN meningkat maka yang akan mendapat manfaat adalah masyarakat," ucapnya.
 
Penilaian masing-masing kategori, lanjut Bupati, berdasarkan atas kriteria tertentu.
 
"Untuk evaluasi capaian kinerja perangkat daerah yang dinilai adalah SAKIP, indeks pembangunan ZI, tingkat penyerapan anggaran, nilai inovasi, dan capaian indikator program," tuturnya.
 
Sedangkan untuk kecamatan, selain lima kriteria tadi, ditambah empat kriteria penilaian lainnya.
 
"Untuk kecamatan penilaian ditambah dengan capaian target PBB P2, IKM, cakupan desa yang melaksanakan Sistem Keuangan Desa, cakupan desa yang mendapatkan informasi peringatan dini bencana, dan capaian indikator program," katanya.
 
 
Anugerah PPT Pratama Juara dan Camat Juara ditujukan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk selalu memberikan hal terbaik bagi organisasi dan Pemda Kabupaten Sumedang.
 
"Penilaiannya berdasarkan lima kriteria yakni nilain kompetensi kultural, nilai peran kandidat dalam mengupayakan perangkat daerah atau kecamatan menjadi terbaik, dan nilai inovasi dalm mewujudkan Sumedang Simpati," ucapnya.
 
Kategori Dialog Kinerja Perangkat Daerah 2021 memberikan apresiasi dan mendorong perangkat daerah dan kecamatan memiliki perencanaan pembangunan terbaik dengan target progresif.
 
"Kriteria  Dialog Kinerja Terbaik diukur dari lima hal yaitu nilai relevansi dengan tugas fungsi dan permasalahan yang dihadapi, nilai keakuratan data, nilai inovasi dan kebaruan, nilai progresitivas dan rasionalisasi target kinerja dan nilai desain prestasi," katanya.
 
Dikatakan Bupati, ASN yang berkinerja tinggi akan berdampak pada meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat terpuaskan.
 
 
"ASN yang berkinerja tinggi  dan berintegritas, tentunya akan berdampak pada kualitas pembangunan, sehingga masyarakat akan merasakan manfaatnya dalam waktu yang lama," tandasnya.
 
Menurut Dony, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap akhir tahun.
 
Dengan kegiatan seperti saat itu, maka akan terlihat mana yang berprestasi dan mana yang belum. Sehingga untuk tahun depan, kegiatan tersebut akan terus kreasikan dengan inovasi lainnya. Seperti akan ada employee of the month, triwulan, semester, dan akhir tahun. "Kami juga telah membangun sistem untuk meritokrasi hal seperti ini," ungkapnya.
 
Anugerah Kinerja Sumedang Simpati 2020 itu diberikan kepada tiga terbaik (Top 3) masing-masing kategori. Yaitu Kategori Capaian Kinerja Tahun 2020 terbaik perangkat daerah diraih oleh diraih oleh RSUD, Inspektorat, dan Bappppeda.
 
Sedangkan untuk kecamatan diraih oleh Kecamatan Cimalaka, Cisarua, dan Sumedang Selatan. Masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan 1 unit printer.
 
Sedangkan untuk PPT Pratama Juara diraih oleh H. Nasam, SE.AK (Asisten Administrasi Umum Setda), Drs. H. Subagio, M.Si (Inspektur), dan Hj. Tuti Ruswati, S.Sos. M.Si (Kepala Bappppeda). Camat Juara diraih oleh Asep Aan Dahlan (Camat Cimalaka), Dra. Marlina, M.Si (Camat Cisarua), dan Syarif Effendi Badar (Camat Sumedang Selatan). Selain mendapat piagam penghargaan dan plakat, masing-masing mendapat uang pembinaan Rp. 5 juta.
 
 
Untuk Kategori Dialog Kinerja Perangkat Daerah Terbaik diraih oleh Disdukcapil, Bappenda, dan BKPSDM. Untuk kecamatan diraih oleh Kecamatan Jatinunggal, Sumedang Selatan, dan Ujungjaya. Masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan 1 unit sepeda. **
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x