Ini Penjelasan 'Manusia Pohon' Akibat Kerusakan Hutan

- 19 April 2021, 13:50 WIB
Aiptu Nunuh Sutisna saat mengajak para santri pondok pesantren melihat kawasan hutan di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.
Aiptu Nunuh Sutisna saat mengajak para santri pondok pesantren melihat kawasan hutan di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. /Engkos Kosasih/Galamedia/

GALAMEDIA - Aiptu Nunuh Sutisna, yang dijuluki 'manusia pohon' yang saat ini bertugas di Polsek Ibun Polresta Bandung terus memberikan edukasi kepada berbagai pihak maupun masyarakat secara umum terkait sebab akibat kerusakan lingkungan, khususnya kawasan hutan.

Kanit Binmas Polsek Ibun ini sempat mengajak anak-anak TK, panti asuhan dan para santri pondok pesantren untuk melihat langsung kondisi nyata kerusakan lingkungan yang ada di kawasan hutan Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.


"Saat saya mengajak mereka jalan-jalan ke kawasan hutan di Kecamatan Ibun, kita jelaskan bahwa kerusakan lingkungan atau kawasan hutan itu akan menimbulkan berbagai sebab akibat," kata Aiptu Nunuh Sutisna kepada Galamedia di Mapolsek Ibun, Senin, 19 April 2021.

Baca Juga: Unik dan Lezat! 10 Takjil Anti Mainstream yang Hanya Ada di Indonesia

Ia menerangkan salah satu akibat dari kerusakan hutan yang terjadi alih fungsi lahan menjadi lahan kritis, akan menimbulkan kekurangan sumber air bersih untuk kebutuhan warga yang ada di sekitarnya.

"Akibat lainnya, jika hutan kritis atau gundul, rawan bencana longsor karena minimnya pohon tegakan."

"Sementara fungsi akar pohon tanaman itu adalah untuk mengikat tanah dari ancaman longsor atau pergerakan tanah."

"Termasuk akar tumbuhan dapat berfungsi menyimpan air hujan, guna kebutuhan warga yang ada di sekitarnya yang mengalir melalui sumber mata air," tutur Aiptu Nunuh Sutisna yang sudah 6 tahun bergerak dalam lingkungan.

Dampak lainnya dari kerusakan kawasan hutan itu, imbuhnya, rawan banjir di permukiman penduduk yang rendah dan di antara aliran sungai yang hulu sungainya berasal dari kawasan hutan yang rusak.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x