Jawa Barat Rawan Potensi Bencana, Vertical Rescue Indonesia dan GMBI Bentuk Relawan Kebencanaan

- 3 April 2022, 15:06 WIB
Penandatanganan Kemitraan Vertical Rescue Indonesida dan GMBI.
Penandatanganan Kemitraan Vertical Rescue Indonesida dan GMBI. /

GALAMEDIA - Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan rawan kebencanaan yang cukup tinggi di Indonesia.

Dengan demikian, dibutuhkan peran serta dari berbagai elemen masyarakat untuk mengantisipasi hal tersebut.

Dalam mendukung hal tersebut, Vertical Rescue Indonesia (VRI) bersama GMBI membentuk relawan kebencanaan di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Komandan Vertical Rescue Indonesia, Tedi Ixiana mengatakan bahwa melalui kerjasama tersebut, akan mempersiapkan relawan ketika dibutuhkan evakuasi di medan terjal, seperti tebing, bangunan tinggi, gedung dan lain sebagainya.

"Kita melihat Jawa Barat, khususnya Bandung, medan terjalnya luar biasa. Maka kita melakukan latihan-latihan evakuasi dan penyelamatan," ungkapnya usai ungkapnya usai Penandatangan Piagam Kemitraan di Kota Bandung, Sabtu, 2 April 2022.

Baca Juga: Move On dari Kanye, Kim Kardashian Posting Foto Psalm West

Diakuinya bahwa medan terjal tidak hanya di gunung, tapi juga ada disekitar masyarakat, seperti sumur atau bangunan tinggi.

Sehingga dibutuhkan persiapan dari jauh hari, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yakni kebencanaan atau penyelamatan.

"Selain potensi relawan evakuasi tempat ketinggian, kami bersinergi dengan GMBI untuk program 1000 jembatan gantung di Indonesia. Karena kita melihat banyak korban yang hanyut atau hilang ketika melintas," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x