Capaian APBN Jawa Barat Bulan Maret 2022 Tunjukan Tren Positif

- 21 April 2022, 17:35 WIB
Konferensi Pers Rilis Kinerja APBN Jawa Barat Tahun 2022 di Kota Bandung, Kamis, 21 April 2022./Rio Ryzki Batee/Galamedia
Konferensi Pers Rilis Kinerja APBN Jawa Barat Tahun 2022 di Kota Bandung, Kamis, 21 April 2022./Rio Ryzki Batee/Galamedia /

GALAMEDIA - Perwakilan Kementerian Keuangan merilis Kinerja APBN Jawa Barat bulan Maret 2022, sebagai upaya transparansi dan akuntabilitas pemerintah terkait pengelolaan APBN.

APBN sampai dengan bulan Maret 2022 masih terus memberikan kinerja yang optimal dalam upaya pemerintah melanjutkan pemulihan sosial, ekonomi, mendukung reformasi kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial serta penguatan sinergi dan koordinasi antar Kementerian/Lembaga, Pemda dan Satker lainnya.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat, Tavianto Noegroho mengatakan, kasus harian Covid-19 di Jawa Barat terus mengalami penurunan, sehingga diharapkan dapat terus memperkuat pemulihan ekonomi.

Kenaikan harga-harga komoditas karena dipicu kasus geopolitik Rusia-Ukraina, merupakan tantangan dalam terus menavigasi dan mengelola pemulihan ekonomi serta pelaksanaan APBN di Jawa Barat.

Baca Juga: Kasus Kanker Naik 10 Persen di Indonesia, Helix Dukung Kesadaran Pencegahan dan Deteksi Dini

"Kinerja APBN perlu terus dijaga agar dapat terus berfungsi optimal sebagai shock absorber, terutama untuk melindungi daya beli masyarakat berpenghasilan rendah dan rentan serta menjaga keberlanjutan pemulihan ekonomi," ungkapnya pada Konferensi Pers Rilis Kinerja APBN Jawa Barat Tahun 2022 di Kota Bandung, Kamis, 21 April 2022.

Menurutnya pemerintah terus berupaya untuk mendorong pemulihan ekonomi yang akan dilanjutkan disertai penebalan bantuan sosial dalam rangka mengatasi kenaikan harga-harga.

Upaya Pemerintah tersebut dilakukan melalui peran fungsi APBN yang dilakukan melalui dua instrumen utama, yakni penerimaan dan belanja negara.

Dikatakannya sampai dengan akhir Maret 2022, realisasi Pendapatan Negara dan Hibah di Jawa Barat tercatat sebesar Rp33,86 triliun atau 28,73 persen dari target APBN tahun 2022.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x