Vaksin Corona Siap Diluncurkan pada Pertengahan Agustus 2020

- 14 Juli 2020, 21:23 WIB
( Игорь Онучин | Kredit: Игорь Онучин/ТАСС) /


GALAMEDIA - Vaksin virus corona (Covid-19) bakal mulai diluncurkan ilmuwan Rusia pada pertengahan Agustus 2020. Saat ini kandidat vaksin tersebut telah diujicobakan kepada manusia.

Kandidat vaksin yang dikembangkan Universitas Sechenov Rusia diklaim para ilmuwan Rusia sebagai salah satu vaksin Corona pertama di dunia.

Dilansir Forbes, uji klinis vaksin Covid-19 dimulai pada pertengahan Juni di mana kelompok pertama terdiri dari 18 sukarelawan dan kelompok kedua dari 23 sukarelawan yang disuntik dengan dosis pertama dari kandidat vaksin di Institut Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamalei.

Baca Juga: Iran dan Pakistan Pasang Badan, Dukung Hagia Sophia Difungsikan Kembali Jadi Masjid

Semua sukarelawan yang berusia antara 18 - 65 tahun telah menghabiskan waktu selama 28 hari dalam isolasi untuk mencegah mereka tertular infeksi lain. Mereka juga akan dipantau selama 6 bulan ke depan.

Kepala Peneliti di Universitas Sechenov, Elena Smolyarchuk mengungkapkan beberapa sukarelawan penelitian telah mengembangkan efek samping kecil dari kandidat vaksin termasuk sakit kepala dan demam. Tetapi, gejalanya akan mereda dalam waktu 24 jam.

Kelompok relawan pertama menyatakan siap untuk diberhentikan pada hari Rabu (15/7/2020) dan lot berikutnya pada tanggal Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Pamer Cincin Bareng Reza Rahardian, Prilly Latuconsina: Jodoh Memang Rahasia Tuhan

“Keamanan vaksin sudah dikonfirmasi. Ini sesuai dengan keamanan vaksin yang saat ini ada di pasaran,” kata Direktur Institut Parasitologi Medis, Penyakit Tropis dan Ditanggung Vektor di Universitas Sechenov, Alexander Lukashev.

Kandidat vaksin Rusia, lanjut Alexander, juga telah mengumpulkan saksi mata dengan pernyataan bahwa para peneliti dari lembaga Gamaleya termasuk direktur, telah memberikan vaksin terlebih dahulu sebelum memulai uji klinis.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X