Klaim Sudah Sembuhkan 20 Ribu Pasien Corona, Profesor Hadi Pranoto: Hoaksnya Dimana?

- 4 Agustus 2020, 07:49 WIB
PROFESOR Hadi Pranoto saat berbincang soal obat herbal Covid-19 bersama wartawan di Bogor.*
PROFESOR Hadi Pranoto saat berbincang soal obat herbal Covid-19 bersama wartawan di Bogor.* //Linna Syahrial/ISUBOGOR.com

GALAMEDIA - Klaim telah menemukan obat virus corona (Covid-19), Profesor Hadi Pranoto akhir-akhir ini menjadi sorotan publik. Sebelumnya Hadi Pranoto sempat tampil pada kanal YouTube Dunia Manji milik musisi Anji.

Hadi Pranoto menyatakan bahwa ramuan herbal buatannya telah menyembuhkan lebih dari 20.000 pasien virus corona. Dalam pengakuannya Senin, 3 Agustus 2020, tak sedikit Warga Pamijahan, Kabupaten Bogor merasakan khasiatnya.

Warga Pamijahan itu sebelumnya telah berkerumun dalam jumlah besar untuk menonton konser Rhoma Irama pada akhir Juni 2020 lalu.

Baca Juga: Dikabarkan Bakal Dipecat Inter Milan, Antonio Conte Langsung Merespons

"Salah satu yang merasakan khasiatnya warga Pamijahan ketika ramai Rhoma Irama manggung. Walaupun belum ditemukan orang positif tapi ketika di Rapid test, 300 warga Pamijahan termasuk Abah (Surya Atmaja) tidak reaktif," ujar Hadi Pranoto seperti dikutip Galamedia dari pikiran-rakyat.com, Selasa, 4 Agustus 2020.

Profesor Hadi menambahkan, sejak Maret 2020 yang juga menjadi awal kemunculan pandemi virus corona di Indonesia, ia secara total telah mendistribusikan lebih dari 20.000 botol ramuan.

Seperti diberitakan ISUBOGOR.com sebelumnya dalam artikel berjudul 'Hadi Pranoto Klaim Sembuhkan 20.000 Lebih Pasien Covid-19, Salah Satunya Warga Pamijahan Bogor', ramua didistribusikan ke wilayah DKI Jakarta, Pulau Jawa dan Sumatera.

"Semuanya yang minum ramuan herbal saya sembuh dalam lima hari," ujarnya.

Baca Juga: Terang-Terangan Israel Serang Sejumlah Pos Pasukan Suriah

Ia mengaku bahwa ramuan herbal buatannya terbuat dari ekstrak kunyit, manggis, aren hingga air kelapa.

Ramuan tersebut dilaporkan dapat membentuk antibodi dalam tubuh kemudian mencairkan lendir akibat penutupan Covid-19.

Menurutnya, tubuh manusia yang terpapar virus corona akan membuat paru-paru dan lambung mengalami pelendiran sehingga menutup pori-pori oksigen. Akibat fatalnya dapat membuat penderita meninggal dunia.

"Fungsi dari herbal ini mencairkan cairan lendir yang ada dalam tubuh yang sudah terinfeksi. Dibuang dalam tubuh melalui keringat, kencing dan air besar," ujarnya.

Baca Juga: Bukan Wanita Penggoda, Teks Arab Abad Pertengahan Gambarkan Sosok Cleopatra Sebenarnya

Kemarin, Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan Hadi dan Erdian Aji Prihartanto alias Anji ke Polda Metro Jaya. Pasal yang dilaporkan yakni tindak pidana bidang ITE dan atau menyebarkan berita bohong Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45A Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP.

Laporan itu telah diterima kepolisian dengan nomor LP/4358/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 3 Agustus 2020. Sehubungan hal itu, Hadi Pranoto menyatakan akan mengikuti proses hukum.

"Kita ikuti aturan saja," kata Hadi seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa, 4 Agustus 2020.

Baca Juga: Rengut Lebih dari 500 Juta Nyawa di Abad Ke-20, Ilmuwan Temukan Jejak Wabah Ini di Bangsa Viking

Hadi heran dengan tuduhan hoaks yang dialamatkan kepadanya. Selama ini, menurut Hadi banyak obat herbal yang beredar di Indonesia.

"Saya mau tanya Hoaksnya di mana? Herbal ada, orang yang kita sembuhkan banyak, yang dirugikan tidak ada, apa yang hoaks?" katanya.

Kata dia, soal penemuan obat herbal covid-19 bisa dibuktikan. "Semua ada buktinya," katanya, seraya menyebutkan, "Herbal yang ada sudah terbukti bagus."***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x