Bapenda Jabar Tanggapi Wacana Penambahan Pajak Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi

- 28 September 2023, 21:22 WIB
Ilustrasi uji emisi. Bapenda Jabar Buka Suara Tanggapi Wacana Penambahan Pajak Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi.
Ilustrasi uji emisi. Bapenda Jabar Buka Suara Tanggapi Wacana Penambahan Pajak Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi. /Instagram @lugnutz_aj/

GALAMEDIANEWS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat mengusulkan wacana penambahan pajak untuk kendaraan bermotor yang melebihi baku mutu dalam uji emisi.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar pun buka suara terkait wacana tersebut. Dalam waktu dekat, akan dilakukan pembahasan bersama dengan DLH.

Baca Juga: Nonton My Daughter Left the Nest and Returned an S-Rank Adventurer Episode 1 Sub Indo FALL Bukan Otakudesu

Kepala Bapenda Jawa Barat, Dedi Taufik angkat bicara dan menyebut ada banyak proses yang harus dilalui, termasuk aturan jika kebijakan tersebut akan digulirkan.

Pada prinsipnya, kata Dedi Taufik, wacana tersebut menitikberatkan pada upaya menekan polusi udara. Sisi lainnya adalah upaya agar masyarakat bisa lebih merawat mesin kendaraannya.

Seperti diketahui, mesin yang tidak terawat bisa memicu pembakaran tidak sempurna sehingga asap yang dikeluarkan bisa berlebih.

“Kami dari Bapenda tentu bertugas memastikan pendapatan dari pajak terjaga. Salah satu sumbernya dari kendaraan bermotor," ujar Dedi Taufik, Kamis, 28 September 2023.

"Nah, wacana penambahan pajak ini menitikberatkan pada menekan polusi udara. Tentu pembahasannya harus kolaborasi dengan DLH," sambungnya.

Baca Juga: Pelaku UMKM Merasa Lega, Setelah Social Commerce Dilarang Transaksi

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x