Indonesia Terbangkan Pesawat Komersial Pertama dengan Biofuel Berbasis Minyak Kelapa Sawit

- 28 Oktober 2023, 07:35 WIB
Sebuah pesawat milik Garuda Indonesia terlihat di landasan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dekat Jakarta, Indonesia 28 April 2017./REUTERS/Darren Whiteside/
Sebuah pesawat milik Garuda Indonesia terlihat di landasan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dekat Jakarta, Indonesia 28 April 2017./REUTERS/Darren Whiteside/ /



GALAMEDIANEWS - Garuda Indonesia, maskapai penerbangan nasional, mengukir sejarah dengan sukses melakukan penerbangan komersial pertama menggunakan bahan bakar pesawat yang dicampur dengan minyak kelapa sawit.

Penerbangan ini membawa lebih dari 100 penumpang dari Jakarta ke Surakarta, sejauh 550 kilometer.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil dan mendukung penggunaan bahan bakar pesawat berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Pantai Hits di Semarang yang Tawarkan View Bagus, Cocok untuk Healing di Akhir Pekan

Langkah Menuju Penerbangan Berkelanjutan

Penerbangan ini merupakan langkah maju bagi Garuda Indonesia dalam mendukung upaya mengurangi dampak lingkungan dari industri penerbangan.

Biofuel berbasis minyak kelapa sawit telah digunakan dalam penerbangan ini, diproduksi oleh perusahaan energi negara Indonesia, PT Pertamina, di kilang Cilacap.

Teknologi yang digunakan adalah hydroprocessed esters and fatty acid (HEFA), dan bahan bakunya adalah minyak kelapa sawit yang telah diproses dengan baik.

Baca Juga: Eni Berencana Menggandakan Produksi Gas di Indonesia melihat dari Penemuan Besar Cadangan Gas Baru

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x