Bye Bye Trump, Joe Biden Unggul di Georgia pada Pilpres AS 2020

- 6 November 2020, 18:41 WIB
Capres AS Joe Biden dan Cawapres Kamala Harris.
Capres AS Joe Biden dan Cawapres Kamala Harris. /(EPA/BIDEN CAMPAIGN)/


GALAMEDIA - Calon presiden penatantang Joe Biden menyalip perolehan suara atas petahana Donald Trump di Georgia, salah satu negara bagian medan pertempuran dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) 2020, Jumat 6 November 2020.

Dilansir AFP, CNN dan Fox News melaporkan Biden mengungguli Trump dengan perolehan 917 suara. Saat ini Biden masih memimpin perolehan Electoral College dengan 253-213 atas Trump.

Kemenangan di Georgia sangat penting buat Trump untuk bisa mengamankan posisi di Gedung Putih. Perolehan suara Trump saat ini tertinggal jauh dari Biden.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Baca Juga: Perdalam Kerjasama Pertahanan, Prabowo Gelar Pertemuan dengan Menhan Australia

Capres petahana itu tidak dapat memperoleh 270 suara elektoral tanpa memenangkan Georgia dan Pennsylvania. Jadi, peluang Trump untuk memenangkan pilpres amat bergantung pada dua negara bagian tersebut.

Sedangkan Biden hanya membutuhkan 17 suara elektoral lagi untuk bisa menjadi presiden AS.

Hingga saat ini, penghitungan suara di Arizona, Georgia, Nevada, Pennsylvania, North Carolina, dan Alaska masih berlangsung. Meski unggul di Georgia, tapi penghitungan suara di negara bagian ini belum selesai dan angka masih bisa berubah.

Baca Juga: Exit Permit Dibatalkan, Dubes RI di Arab Saudi Pastikan Habib Rizieq Masuk Daftar Deportasi
 
Penghitungan di Georgia diharapkan selesai dalam hitungan jam dengan Clayton County yang terakhir dihitung. Total suara yang masuk 99 persen. Georgia menyumbang 16 suara elektoral dalam pilpres.
 
Trump memenangkan Georgia dengan lima poin persentase pada 2016 silam.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x