Pemerintah Didesak Segera Kirimkan Bantuan ke Sulawesi Barat untuk Bantu Korban Gempa Bumi Besar 6.2

- 15 Januari 2021, 13:49 WIB
Sejumlah bangunan rusak akibat gempa bumi magnitudo 6.2 yang mengguncang Majenen Sulawesi Barat, Jumat dini hari 15 Januari 2021
Sejumlah bangunan rusak akibat gempa bumi magnitudo 6.2 yang mengguncang Majenen Sulawesi Barat, Jumat dini hari 15 Januari 2021 /ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

GALAMEDIA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, Kementerian Sosial serta seluruh pihak segera mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Majene dan sekitarnya di Sulawesi Barat.

"Seluruh pihak, pusat dan daerah harus saling sinergi untuk mencari korban yang masih terjebak tertimpa reruntuhan bangunan serta segera membantu dan mengirimkan kebutuhan bantuan sarana dan prasarana ke lokasi bencana seperti alat berat maupun ketersediaan obat, makanan serta penerangan pasca-gempa," kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 15 Januari 2021.

Baca Juga: Waspada, Gempa Besar Susulan Disertai Tsunami Berpotensi Terjadi di Wilayah Sulawesi Barat

Azis meminta pemerintah pusat dan daerah segera mendirikan posko bencana dan kesehatan untuk menyediakan segala kebutuhan warga korban dan terdampak gempa.

Azis juga meminta pemerintah dapat menanggung atau menggratiskan para korban jiwa untuk melakukan perawatan medis, berat maupun ringan.

Baca Juga: Kepala BNPB dan Mensos Langsung Terbang Ke Majene, Kunjungan ke Sumedang Dibatalkan

"Jangan sampai para korban gempa merasa kesulitan, kita harus dapat meringankan beban mereka dan mempersiapkan segala kebutuhan seperti sandang, pangan dan papan pasca-gempa Sulawesi Barat," ujarnya.

Gempa terjadi pada Jumat (15/1) dini hari bermagnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat. Pusat gempa berada di 6 km timur laut Majene, Sulawesi Barat dan terasa hingga wilayah Palu, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.***

Baca Juga: Praveen/Melati Berhasil Lewati Hadangan Pasangan Denmark untuk Tampil di Semi final Thailand Open

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x