Smelting Butuh Pasokan Tambahan Oksigen, Perusahaan Global Investasi 15 Juta Dolar AS di Jawa Timur

- 22 April 2022, 19:41 WIB
Smelting Butuh Pasokan Tambahan Oksigen, Perusahaan Global Investasi 15 Juta Dolar AS di Jawa Timur.
Smelting Butuh Pasokan Tambahan Oksigen, Perusahaan Global Investasi 15 Juta Dolar AS di Jawa Timur. /

GALAMEDIA - Dalam mendukung perluasan operasi smelter tembaga di Gresik, perusahaan gas dan rekayasa industri Linde melakukan penandatanganan kontrak dengan PTS (Smelting) untuk memasok oksigen tambahan untuk industri tersebut.

Presiden Direktur Linde Indonesia dan Cluster Head untuk Indonesia, Filipina dan Vietnam, Vinayak Kembhavi mengatakan pihaknya akan menginvestasikan lebih dari US$ 15 juta untuk membangun pabrik oksigen baru, dan mengembangkan infrastruktur di lokasi produksi yang ada.

Pabrik tersebut akan menggunakan teknologi Vacuum Pressure Swing Adsorption (VPSA) yang telah dikembangkan Linde.

"Pabrik VPSA merupakan pabrik produksi non-kriogenik yang dikemas, menghasilkan oksigen dengan menggunakan proses adsorpsi. Pabrik baru ini diharapkan akan selesai dan dapat beroperasi pada Oktober 2023," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 April 2022.

Baca Juga: Di Hari Jadi Sumedang Ke-444, Bupati Ucapkan Terima Kasih Kepada Seluruh Elemen Masyarakat

Menurutnya Linde saat ini mengoperasikan pembangkit oksigen dan listrik terpadu yang berlokasi di Gresik, memasok lebih dari 1.000 ton oksigen per hari dan sekitar 35 MW daya listrik untuk PTS.

Sebagai bagian dari kontrak baru ini, pihaknya akan meningkatkan kapasitas produksi hingga mendekati 50 persen. PT Smelting akan meningkatkan produksi atas produk utamanya, yaitu katoda tembaga, menjadi sekitar 350.000 ton per tahun.

"Gas oksigen yang dihasilkan Linde digunakan dalam proses peleburan konsentrat tembaga, salah satu langkah awal dalam rangkaian proses produksi yang dijalankan PTS," ucapnya.

Dikatakannya Katoda tembaga yang dihasilkan akan digunakan sebagai bahan baku pada banyak industri, termasuk dalam industri manufaktur kawat, kabel, dan tubing.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x