Istrinya jadi Tersangka, Hakim Sulawesi Kedapatan Blusukan di PN Denpasar, Ada Apa?

- 14 Juni 2023, 15:00 WIB
Sidang praperadilan di PN Denpasar, Bali./ist
Sidang praperadilan di PN Denpasar, Bali./ist /

GALAMEDIANEWS - Sorotan tajam tertuju pada sosok hakim Pengadilan Negeri Parigi Sulawesi Tengah, Yakobus Manu. Ia kedapatan tengah blusukan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar Provinsi Bali.

Pada saat bersamaan, sedang digelar sidang praperadilan yang diajukan istrinya bernisial Ny. OH, yang ditetapkan tersangka kasus merek dagang oleh penyidik Polda Bali.

Dalam sidang Senin 12 Juni 2023, hakim Yakobus Manu bahkan terlihat hadir di area PN Denpasar dengan memakai pakaian biasa. Ia bahkan masuk ruang persidangan duduk bersama istrinya di kursi pengunjung paling depan saat sidang praperadilan tersebut digelar.

Baca Juga: 5 Aturan Baru Naik Kereta Api 2023, Cek Syaratnya di sini!

Belakangan, fakta baru terungkap. Ketua Pengadilan Negeri Parigi Sulawesi Tengah tersebut tertangkap kamera turun dari tangga ruangan hakim dan panitera PN Denpasar, pada Selasa 13 Juni 2023.

Ia diduga masuk bersama istrinya yang menjadi tersangka, padahal area tersebut terlarang bagi siapapun yang sedang berperkara.

Hakim PN Sulawesi hadir dalam persidangan di PN Denpasar, Bali./ist
Hakim PN Sulawesi hadir dalam persidangan di PN Denpasar, Bali./ist

Dugaan Yakobus menggunakan jabatannya untuk mempengaruhi proses persidangan pun menyeruak. Padahal, jika mengutip website Komisi Yudisial (KY), jdih.komisiyudisial.go.id, sebenarnya hakim dilarang menggunakan pengaruhnya untuk kepentingan pribadi dan keluarganya, sebagaimana diatur dalam Peraturan bersama Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial No: 02/PB/MA/IX/2012 dan No 02/PB/P.KY/09/2012 tentang Panduan Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim.

Di Bab II tentang Kewajiban dan Larangan, tertera dalam pasal 7 ke (3) pada huruf c menyebutkan hakim dilarang menggunakan wibawa pengadilan untuk kepentingan pribadi, keluarga dan pihak ketiga lainnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x