Asia Africa Festival Bandung Gandeng Saung Angklung Udjo, Ini Sejarah dan Ciri Khas Musiknya

- 26 Juli 2023, 18:47 WIB
Ilustrasi Kegiatan bermain angklung di Saung Angklung Udjo
Ilustrasi Kegiatan bermain angklung di Saung Angklung Udjo /

GALAMEDIANEWS - Asia Africa Festival akan digelar lagi setelah 2 tahun terhenti karena pandemi. Pada Festival Asia Afrika yang akan berlangsung pada Sabtu 29 Juli 2023 nanti, nama Saung Angklung Udjo tercatat akan tampil menyemarakkan acara. 

Perlu diketahui, Udjo Ngalagena sebagai pendirinya memiliki kaitan sejarah pada kegiatan Konferensi Asia Afrika 1955 dan mengembangkan saung angklung yang memiliki ciri khas musik tersendiri. 

Pada Asia Africa Festival nanti, warga Bandung dan wisatawan yang hadir bisa menikmati serunya Parade Seni Budaya di sepanjang jalan Asia Afrika pada Sabtu 29 Juli 2023 pukul 14.00-17.00 WIB. Dalam unggahan instagram @Humas_Bandung, disebutkan bahwa parade seni ini akan dimeriahkan oleh pertunjukkan Saung Angklung Udjo, Manshur Angklung dan Ega Robot Ethnic Percussion.

BACA JUGA : Hengky Kurniawan Sebut Alun-Alun Cililin Sudah 87 Persen, Payung Gaya di Mesjid Nabawi Madinah Bakal Dipasang

Menjadi salah satu yang tampil dalam Asia Africa Festival, Saung Angklung Udjo punya sejarahnya sendiri. Menengok jauh ke tahun 1955, pendiri Saung Angklung Udjo, Udjo Ngalagena pernah menjadi konduktor pertunjukkan Angklung dalam Konferensi Asia Afrika. 

Nama Saung Angklung Udjo sudah lama terkenal dan tidak asing di telinga dengan kiprahnya yang sudah mendunia. Galamedianews akan mengajak Anda berkenalan lebih jauh mengenai sejarah dan musik dari Saung Angklung Udjo. Mari simak artikel ini sampai habis.

Mengenal Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah destinasi wisata kesenian musik angklung yang telah berdiri sejak lama, yakni tahun 1965, yang kiprahnya juga sudah sampai ke mancanegara. Selain dikunjungi oleh wisatawan dari luar, kesenian angklung ini juga pentas ke banyak negara.

BACA JUGA : Penyanyi Marcell Siahaan Didapuk Jadi Duta Sosial Kota Bandung

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Kemenperekraf kemlu.go.id Instagram @humas_bandung Kanal Youtube Helmy Yahya Bicara angklungudjo.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x