Kemenkumham Jabar Serahkan Bantuan Makanan dan Vitamin Bagi Petugas Pemadam di TPA Sarimukti

- 1 September 2023, 07:16 WIB
Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar serahkan bantuan untuk para petugas pemadam di TPA Sarimukti / Foto : Deni Supriatna /Galamedia News /
Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar serahkan bantuan untuk para petugas pemadam di TPA Sarimukti / Foto : Deni Supriatna /Galamedia News / /

GALAMEDIANEWS - Kemenkumham Jawa Barat melalui program Kumham Jabar Peduli Berbagi memberikan bantuan untuk mensuport para petugas yang mengatasi pemadaman di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti. Kecamatan Cipatat. Kabupaten Bandung Barat (KBB). 
 
Bantuan yang di berikan Kemenkumham Jabar untuk para petugas di TPA Sarimukti, berupa Susu Bear Brand, Multivitamin, Teh Kotak, Larutan Cap Kaki Tiga, Makanan dan Air Mineral yang langsung diterima Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Jarot Prasetyo. 
 
Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya mengatakan, api di TPA Sarimukti sudah mulai menunjukkan tanda padam. Namun, di beberapa titik masih menimbulkan asap tebal. 
 
 
Oleh sebab itu, Andika menyarankan agar titik asap di TPA Sarimukti harus segera di atasi, hal tersebut dikhawatirkan memicu kembali kebakaran. 
 
"Kondisi api di TPA Sarimukti sudah mulai menunjukan tanda padam, tetapi, masih menyisakan beberapa titik asap yang mau tidak mau harus segera dipadamkan. Karena dikhawatirkan spot ini bisa kembali menjadi awal kebakaran berikutnya," ujar Kakanwil kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya kepada GALAMEDIANEWS pada Kamis, 31 Agustus 2023. 
 
Selanjutnya, Andika menjelaskan, ada 4 Kabupaten dan Kota sepakat mengurangi pembuangan sampah akhir ke TPA Sarimukti. 
 
Adapun 4 Kabupaten /Kota di Bandung Raya yang menjadi pengguna manfaat TPA Sarimukti diantaranya, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kesepakatan tersebut dimaksudkan untuk lebih fokus dalam proses pemadaman api di TPA Sarimukti. 
 
Pasalnya, sampah yang dibuang dari 4 wilayah Bandung Raya ke TPA Sarimukti mencapai 2.000 ton per hari. Kota Bandung menjadi penyumbang tertinggi lebih dari seribu ton per hari.
 
"Melalui program Kumham Jabar Peduli, kami ingin mensuport saudara-saudata kita para petugas pemadam kebakaran yang sedang berjuang mengatasi kebakaran TPA Sarimukti," ucap Andika. 
 
Selanjutnya, Andika mengungkapkan, luas area yang terbakar di TPA Sarimukti lebih dari 16 haktar. Oleh karenanya, para petugas memerlukan energi ekstra untuk memadamkan titik api yang masih menyala. 
 
 
"Makanan, minuman dan multivitamin di fokuskan penyalurannya untuk para petugas pemadam kebakaran, karena mereka memerlukan energi ekstra dalam berjuang memadamkan api saat melakukan pendinginan lokasi TPA Sarimukti," tutur Andika. 
 
Lebih lanjut, Andika menyebutkan, bantuan dari Kanwil Kemenkumham Jabar merupakan bentuk kepedulian sosial untuk membantu petugas yang berjuang keras memadamkan kebakaran di TPA Sarimukti. 
 
" Terima kasih atas kerja keras rekan - rekan dalam menangani bencana ini, semoga melalui bantuan yang tidak seberapa ini bisa membantu saudara-saudara semua selama meneruskan perjuangan dilokasi kebakaran ini," kata Andika. 
 
Terakhir, Andika berharap, TPA Sarimukti bisa segera beroperasi normal kembali untuk menampung sampah dari Kota Bandung dan Kota lainnya. 
 
" Sampah sudah mulai menumpuk, dikarenakan TPA Sarimukti ditutup sementara. Semoga kebakaran ini cepat berlalu dan TPA Sarimukti bisa segera beroperasi kembali," ucap Andika menandaskan. ***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x