UMKM Menjadi Pahlawan Bagi Perekonomian Bangsa Indonesia

- 4 Januari 2023, 08:52 WIB
UMKM Sebagai Pahlawan dan memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia
UMKM Sebagai Pahlawan dan memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia /instagram



GALAMEDIANEWS – Pemerintah memastikan bahwa UMKM akan kembali menjadi pahlawan kebangkitan ekonomi nasional di tahun 2023 ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yaitu Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan Tahun 2023 ini UMKM akan kembali menjadi pahlawan perekonomian nasional, membuka suatu peluang usaha dan tenaga kerja, dan dimana diperkirakan tahun 2024 adalah sebesar 4,4 Jt lapangan pekerjaan baru yang berkualitas.

Sandiaga Uno juga menyampaikan bahwa UMKM akan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepannya.  Senin, 2 Januari 2023.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Bakso Goreng Enak di Bandung, Renyah Bikin Ketagihan, Wisata Kuliner Bandung yang Banyak Diburu

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam upaya membangun ekonomi kerakyatan, Presiden RI telah memberikan arahan untuk melakukan sebuah pengembangan UMKM Naik Kelas, dan Modernisasi Koperasi.

Peran Suatu UMKM sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha yang ada.

Kontribusi yang diberikan oleh UMKM terhadap PDB juga mencapai  60,5% dan untuk penyerapan tenaga kerja yaitu sebesar 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Pada Tanggal 1 Oktober 2022, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

 Selama pandemi pula, meskipun banyak UMKM terpuruk, tapi begitu kita melihat saat ini sebanyak 84.8% UMKM yang tadinya terpuruk sudah kembali beroperasi normal.

Kemudian disini akan membahas kemajuan UMKM menurut Kemenkop UKM RI :

Menurut data Kemenkop UKM RI,  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar dari pembangunan perekonomian negara Indonesia.

Baca Juga: UPDATE KRONOLOGI LENGKAP, Perselisihan di Pangkalan Pasir Impun Bandung dengan Ojek Online (OJOL)

Meskipun badai pandemi Covid-19 datang, masih banyak pula pelaku usaha yang mampu bertahan.

Daerah Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pelaku UMKM yang sangat tinggi, dan berdasarkan data yang disajikan Bappeda Daerah Istimewa Yogyakarta melalui situs E-data  (Dataku), terdapat 342.841 pelaku UMKM per november 2022.

Seperti yang kalian tahu Salah satu UMKM yang ada di Yogyakarta masih tetap eksis dan berjalan sampai saat ini yaitu Putra Insan Keramik and Craft Jogja.

Much Hidayat memulai usahanya bermula ketika melihat gerabah-gerabah yang dipajang di sudut rumah, sampai pada akhirnya dia membuka suatu usaha kerajinan gerabah di daerah Kasongan, Kabupaten Bantul Yogyakarta .

Sempat mengalami pasang surut tapi alhamdulillah usahanya tetap berjalan, ia juga sempat mengalami lonjakan permintaan pesanan yang sangat banyak, melalui pemasaran di beberapa media digital lainnya.

Dengan adanya para pelaku UMKM ini keadaan perekonomian bangsa akan semakin meningkat, dan sebaiknya kita juga mendukung penuh UMKM yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Dana Pembangunan MASJID AL JABBAR Bandung Dipertanyakan, Ini Jawaban Tegas Ridwan Kamil

Banyak pula produk UMKM Indonesia yang mendunia  yaitu olahan tempe, mebel jepara, batik, kain ulos, kopi luwak dan lainya.

Sudah sepantasnya kita terus dukung usaha UMKM dan Produk dalam Negeri karena dengan UMKM yang kuat Perekonomian bangsapun menjadi lebih baik***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x