IPW Desak KPK Tuntaskan Kasus WC Sultan Bekasi, Singgung Nama Pj Bupati Dani Ramdan

- 20 Mei 2023, 14:15 WIB
Logo KPK. IPW Desak KPK Tuntaskan Kasus WC Sultan Bekasi, Singgung Nama Pj Bupati Dani Ramdan.
Logo KPK. IPW Desak KPK Tuntaskan Kasus WC Sultan Bekasi, Singgung Nama Pj Bupati Dani Ramdan. //Antara Foto/Sigid Kurniawan/

GALAMEDIANEWS - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menuntaskan kasus dugaan korupsi proyek pengerjaan WC Sultan di Kabupaten Bekasi.

Kasus tersebut sebelumnya dilaporkan oleh masyarakat yang menduga adanya unsur korupsi dalam proyek pengerjaan 488 WC sekolah atau dikenal WC Sultan senilai Rp 98 miliar di Kabupaten Bekasi.

IPW mendesak KPK segera mengumumkan hasil penyelidikan laporan dengan nomor sprin LIDIK - 08 /Lid - 01.00/01/01 20w1 tanggal 22 Januari 2021 yang sejauh ini tak terdengar perkembangannya.

Baca Juga: Prabowo Sepakat dengan KDM bahwa Desa sebagai Pertahanan Negara

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso menuturkan, sejak awal kasus ini terkesan ditutup-tutupi meski publik sudah melakukan desakan atas berbagai kejanggalan yang terjadi.

"Proyek pengadaan 488 WC untuk sekolah SD/SMP di Kabupaten Bekasi yang anggarannya melalui APBD 2020 Kabupaten Bekasi senilai Rp 98 miliar ini sangat janggal," ungkapnya, Sabtu, 20 Mei 2023.

Diungkapkan Sugeng, dalam proyek itu Pemkab Bekasi menganggarkan Rp 196,8 juta untuk satu WC sekolah dengan ukuran 3,5 x 3, 6 meter persegi. Jika menggunakan harga satuan bangunan menengah Rp 5 juta/m2, maka maksimal harga adalah 12,6 m2 — 5.000.000 atau Rp 63 juta/per unit.

"Publik Bekasi menggunjingkannya sebagai WC Sultan. Mark up nilai proyek sudah sangat jelas, karena itu unsur kerugian negara sudah tampak," jelasnya.

Kini, di tengah belum adanya titik terang dalam kasus tersebut, IPW mendapatkan informasi soal dugaan adanya oknum polisi berinisial Y yang mengklaim dekat dengan pejabat KPK dan mampu melobi KPK.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x