Ada KAMI, Loyalis dan Pendukung Jokowi Harus Santai Tak Perlu Membuat Gerakan Tandingan

- 22 Agustus 2020, 16:36 WIB
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia dengan motif berantai kain nunkolo dari Timor Tengah Selatan, NTT.
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia dengan motif berantai kain nunkolo dari Timor Tengah Selatan, NTT. /Sekretariat Presiden/Tangkapan Layar youtube.com/ Sekretariat Presiden

GALAMEDIA - Kemunculan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) terus mendapat reaksi dari berbagai pihak, baik kawan maupun lawan. Lawan dalam hal ini adalah kubu yang saat ini sejalan dengan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Taruna Merah Putih (TMP) salah satunya. Ketua Umum DPP TMP, Maruarar Sirait, menanggapi santai kehadiran KAMI yang diinisiasi sejumlah tokoh nasional di Jakarta.

Menurut dia, Jokowi dan loyalis serta pendukungnya tak perlu panik dengan hadirnya KAMI. "Santai saja. Kan kekuatan Jokowi itu ada di rakyat, bukan di elite," ujar Marurar, Sabtu 22 Agustus 2020.

Baca Juga: Kabar Baik, Garuda Indonesia Buka Rute Palembang Tujuan Yogyakarta dan Medan

Pria yang akrab disapa Ara itu menambahkan, kehadiran KAMI merupakan hal yang biasa dan wajar dalam kehidupan yang demokratis. Namunm para loyalis dan pendukung Jokowi tak perlu membuat gerakan tandingan.

Menurut Ara, Jokowi masih mendapat dukungan dari mayoritas rakyat. Meski sempat ada perlawanan atau pertentangan di level elite, kata Ara, rakyat lebih memilih Jokowi.

"Terbukti Jokowi menang dua kali di Solo, kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta dan menjadi Presiden dua kali. Artinya, Jokowi sangat dipercaya oleh rakyat. Jokowi sendiri lahir dari rahim rakyat," terangnya.

Baca Juga: Program SBY Lebih Konkret Sentuh Rakyat Ketimbang 'Sewa' Buzzer dan Influencer

Anggota DPR periode 2004-2019 ini tetap memberikan masukannya kepada kubu pemerintahan. Sebaiknya, kata Ara, perlu check and balances di tengah kekuatan mayoritas perlamen yang berada dalam satu barisan dengan pemerintah.

"Pak Jokowi juga santai saja kok. Pak Jokowi kan pemimpin yang lahir dari proses demokrasi itu sendiri dan juga sangat demokratis," tambah Ara dilansir wartaekonomi.co.id.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x