Inilah Penjelasan Geografis dari Jawaban Singkat Jokowi Saat Ditanya Anak SD di Papua Soal Lokasi IKN

- 11 Juli 2023, 20:18 WIB
Letak Ibu Kota Nusantara (IKN) secara geografis.
Letak Ibu Kota Nusantara (IKN) secara geografis. /Tangkapan Layar video Instagram @mahasiswageografi/

GALAMEDIANEWS - Ditanya soal lokasi IKN (Ibu Kota Negara) oleh seorang siswa Sekolah Dasar asal Sorong, Papua, Presiden Joko Widodo memaparkan alasannya secara singkat dengan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

Dalam video yang dibagikan di laman Instagramnya, @jokowi, Presiden Jokowi sedikit memberi keterangan kepada Kesia Olivia Ergor, seorang siswa SD asal Sorong yang bertemu Presiden pada Jumat, 7 Juli 2023 yang lalu di Ballroom Cendrawasih, Swiss-Belhotel, Kota Jayapura.

Olivia berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada Presiden saat sesi tanya jawab berlangsung. Dia mempertanyakan, mengapa lokasi Ibu Kota Negara tidak dipindahkan ke papua? “Kenapa ibu kota negara tidak dipindahkan saja ke Papua?" tanyanya.

Jokowi kemudian menjelaskan secara singkat bahwa Indonesia adalah negara yang sangat luas, pertimbangan Ibu Kota Negara dipindahkan ke Kalimantan karena letaknya berada di tengah-tengah Indonesia agar mudah diakses dari mana saja.

Baca Juga: TANGGAL RILIS I am Legend 2, Berikut Pemeran, Plot, dan Informasi Lain

Lalu, benarkah letak Ibu Kota Negara yang baru dengan nama Ibu Kota Nusantara berada di tengah-tengah wilayah negara Indonesia?

Melansir dari postingan video milik akun Instagram @mahasiswageografi yang dikemas secara apik dan mendetail, terlihat bahwa lokasi Ibu Kota Nusantara memang telah ditentukan berdasarkan alasan yang diutarakan Presiden Jokowi ketika menjawab pertanyaan Olivia tadi.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, wilayah daratan kepulauan Indonesia berada diantara 60 04’ 30” LU sampai 110 00’ 36” LS dan 940 58’ 21” BT sampai 1410 01’ 10” BT.

Jika ditarik garis tengah secara vertikal dan horizontal dari keduanya, maka didapatkan garis mendatar yang berada pada 20 28’ 03” LS dan garis melintang pada 1170 59’ 45,5” BT. Dari kedua garis tengah tersebut, ditemukanlah satu titik pusat sebagai titik tengah wilayah Negara Kepulauan Indonesia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Instagram @mahasiswageografi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah